Thursday 23 November 2017

APA ITU SYI'AH DAN MU'TAZILAH SERTA SEJARAH SYI'AH

mu'tazilah - pokok pemikiran mu'tazilah -  pertanyaan tentang mu'tazilah - ciri ciri syiah - sejarah islam syiah - pengertian aliran syiah - ritual syiah


KELOMPOK DAN ALIRAN DALAM SEJARAH UMAT ISLAM

Mengenai kelompok dan aliran yang pernah ada dalam sejarah umat islam,serta yang masih bertahan hingga sekarang. Selain untuk mengetahui posisi Ahlussunnah awal Jama'ah ( Aswaja ), diantara kelompok dan aliran tersebut.
Pembahasan deradikalisasi dan deliberalisasi dalam perspektif Ahlussunah Wal jama'ah serta hal-hal yang berkaitan dengannya.

A. SYIAH

1. PENGERTIAN DAN SEJARAH KEMUNCULANNYA

Secara etomologi, kata "Syiah" dalam bahasa arab berarti pengikut atau pendukung. Secara terminologis Syiah mengklaim sebagai pendukung Ali bin Abi Thalib. Mereka berpendapat imamah merupakan hak Ali yang telah ditetapkan berdasarkan nash Al-Qur'an maupun wasiat nabi, baik secara eksplisit.

Syiah juga disebut rafidhah. Kronologinya penamaan ini adalah karena mereka mendatangi Zaid Bin Ali Bin Al-Husain,lalu berkata: " Berlepas dirilah kamu dari Abu bakar dan Umar,dengan begitu kami akan bergabung bersamamu. " Zaid menjawab: " mereka berdua adalah sahabat kakek saya. 

Saya tidak akan bisa berlepas diri dari mereka, bahkan akan selalu bergabung dan loyal dengannya. " Mereka berkata: " jika demikian,kami menolakmu. " mereka diberi nama Rafidhah,artinya golongan penolak.

2. AKIDAH DAN AJARAN

A.KEYAKINAN SYIAH TENTANG PARA IMAMNYA

Mereka sepakat bahwa para nabi dan imam syiah adalah ma'shum ( terhindar dari dosa ),baik dari dosa kecil maupun besar.selain itu,mereka juga sepakat bahwa tawalli ( menolong para imam )dan tabbari ( meninggalkan musuh-musuhnya )wajib hukumnya,baik dilakukan dalam bentuk ucapan,perbuatan,maupun keyakinan.

B.KITAB SUCI SYIAH

Selain al-jami'ah dan shahifah dzu'abah as-saif,kalangan syiah mempercayai adanya:
¤ shahifah an-Namus yang berisi nama para pengikut sekaligus para musuh mereka hingga hari kiamat.
¤ shahifa al-abithah yang berisi 60 kabilah arab yang halal darahnya.
¤ al-jafr al-Abyadh yang menurut Abu Abdillah berisi zabur dawud taurat musa,injil isa,shuhuf ibrahim,halal dan haram,serta al-jafr al-Ahmar yang berisi senjata yang hanya terbuka karena darah untuk berperang.
¤ mushaf Fathimah yang menurut mereka,tidak ada didalamnya satu ayatpun dari kitabullah.

B. MU'TAZILAH

1. PENGERTIAN DAN SEJARAH KEMUNCULANNYA

Secara bahasa, Mu'tazilah berasal dari kata i'tazala,yaitu memisahkan diri. Dengan demikian, Mu'tazilah bernam washil bin atha,dari majelis Hasan Al-Bashri.

Mu'tazilah muncul sejak era dinasti Umayyah. Namun berkembang lebih pesat pada era dinasti Abbasiyah. Para ulama berbeda pendapat tentang waktu kemunculan benih Mu'tazilah.sebagai berpendapat hal itu muncul dibeberapa kalangan yang awalnya berpihak pada Ali,yang memisahkan diri ( i'tazala ) dari urusan politik,kemudian berubah menjadi keyakinan akidah.

2. AKIDAH DAN AJARAN

Ulama mu'tazilah Abu al-hasan al-khayyath dalam kitab al- intishar menyatakan,tidak ada seorangpun yang berhak disebut sebagai Mu'tazilah ( pengikut mu'tazilah ),hingga ia menghimpun lima ajaran:

¤ Tauhid ( keesaan allah )
¤ 'Adl ( keadilan ) 
¤ al-wa'd wa al-Wa'id  ( janji dan ancaman )
¤ al-manzilah baina al-manzilatain ( tempat diantara dua tempat )
¤ al-Amru bi al-ma'ruf wa an-nahyu 'an al-munkar ( menyeru kepada kebajikan dan mencegah kemungkaran )

Lima dasar utama ( al-ushul al-khamsah ) inilah yang menjadi prinsip kelompok Mu'tazilah,sekaligus berfungsi sebagai rukun iman bagi mereka. Orang yang meyakini kelima unsur dasar prinsip tersebut dikatakan sebagai pengikut Mu'tazilah sejati.

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.