Saturday, 9 June 2018

BIOGRAFI KISAH SINGKAT RIWAYAT MADZHAB IMAM AHMAD BIN HANBAL

BIOGRAFI PENDIRI MADZHAB HANABILA

Beliau adalah Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin 'Auf bin Qasith bin Mazin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsala'bah adz-Dzhuli asy-Syaibani. IMAM AHMAD BIN HANBAL beliau bertemu nasab dengan Nabi pada diri Nizar bin Ma'd bin 'Adnan. Yang berarti bertemu nasab pula dengan Nabi Ibrahim.

Ketika Imam Ahmad bin Hanbal masih dalam kandungan,orang tua beliau pindah dari kota marwa,tempat tinggal ayah Imam Ahmad bin Hanbal, Kekota Baghdad. Dikota itu Imam Ahmad bin Hanbal dilahirkan,tepatnya pada bulan Rabi'ul Awal - menurut pendapat yang lebih masyhur - tahun 164 H. Ayah Imam Ahmad bin Hanbal, Muhammad meninggal dalam usia muda,30 tahun,ketika Imam Ahmad bin Hanbal berguru umur tiga tahun. kakek beliau adalah Hanbal,berpindah kekota khurasan dan menjadi wali kota Sarkhas pada masa kepemerintahan bani UMAWIYYAH,kemudian bergabung kedalam barisan pendukung bani 'ABBASIYAH dan karenanya ikut merasakan penyiksaan dari Bani UMAWIYYAH. disebutkan bahwa dia dahulunya adalah seorang panglima.

MASA IMAM AHMAD BIN HANBAL DALAM MENUNTUT ILMU
IMAM AHMAD BIN HANBAL tumbuh dewasa sebagai anak yatim. ibunya Shafiyah binti Maimunah binti 'ABDUL MALIK asy-SYAIBANI,berperan penuh dalam mendidik dan membesarkan beliau. Untungnya sang ayah meninggalkan dua buah rumah untuk mereka berdua dikota baghdad. yang sebuah mereka tempati sendiri,sedangkan yang sebuah lagi mereka sewakan dengan sewa yang sangat murah.. Dalam hal ini keadan IMAM AHMAD BIN HANBAL sama dengan keadaannya syaikhnya,yaitu; IMAM SYAFI'I yang yatim dan miski,tetapi mempunyai semangat yang tinggi. Keduanya juga memiliki ibu yang mampu mengantarkan mereka kepada kemajuan dan kemulian.

GURU-GURU IMAM AHMAD BIN HANBAL
IMAM AHMAD BIN HANBAL gurunya yang pertama kali ialah ABI YUSUF YAKUB BIN IBRAHIM AL- QADHIY,seorang rekan Abu Hanifah,IMAM AHMAD BIN HANBAL mempelajari darinya ILMU FIQH dan HADITS, ABU YUSUF adalah seorang yang dianggap gurunya yang pertamakali.

sebagian dari ahli sejarah mengatakan bahwa pengaruh gurunya [ ABU YUSUF ] tidak begitu kuat mempengaruhinya sehingga tidak dapat dikatakan bahwa beliau adalah gurunya yang pertama. Mereka berpendapat bahwa gurunya yang pertama adalah: HUSYAIM BIN BASYIR BIN ABI KHASIM AL- WASITI, karena beliau yang banyak paling mempengaruhi IMAM AHMAD BIN HANBAL. Imam Ahmad mengikutinya lebih dari 4 tahun, Beliau mempelajari hadits-hadits darinya serta beliau menulis darinya lebih dari 3000 Hadits.
IMAM SYAFI'I - adalah salah satu dari dari seorang gurunya IMAM AHMAD BIN HANBAL, bahkan terdapat disana mereka mereka menganggap IMAM SYAFI'I sebagai guru yang kedua setelah sesudah HASYIM. IMAM AHMAD BIN HANBAL bertemu dengan IMAM SYAFI'I semasa dihijaz. IMAM SYAFI'I mengajar dimasjidil haram,ibnu hanbal ikut belajar bersamanya. kemudian mereka bertemu untuk yang kedua kalinya dibaghdad. IMAM SYAFI'I menasehatinya untuk ikut kemesir. IMAM AHMAD BIN HANBAL berniat mengikutinya tetapi niatnya tidak tercapai. Beliau telah mempelajari bagaimana memahami dan cara mengeluarkan kesimpulan-kesimpulan hukum dari IMAM SYAFI'I.


MURID-MURID IMAM AHMAD BIN HANBAL - DASAR MADZHAB HANABILA - GURU-GURU IMAM AHMAD BIN HANBAL - MASA IMAM AHMAD BIN HANBAL DALAM MENUNTUT ILMU - BIOGRAFI PENDIRI MADZHAB HANABILA

MURID-MURID IMAM AHMAD BIN HANBAL
Sedikit yang saya ketahui tentang Murid-murid IMAM AHMAD BIN HANBAL yang masyhur dalam mengembangkan dan menyebarkan MADZHAB HANABILAH adalah:
1. SALEH
adalah SALEH BIN AHMAD BIN HANBALwafat pada tahun 266H. SALEH adalah putera tertua dari IMAM AHMAD BIN HANBAL. beliau belajar ilmu fiqh kepada ayah handanya sendiri dan ulama-ulama lain yang sekurun dengan IMAM AHMAD.
2. ABDULLAH
adalah ABDULLAH BIN AHMAD BIN HANBAL lahir pada tahun 290H. ABDULLAH juga merupakan salah satu putera dari IMAM AHMAD BIN HANBAL, namun abdullah lebih suka mempelajari dan mengambil ilmu hadits dari ayahnya yaitu IMAM AHMAD BIN HANBAL.
3. AL- ATSRAM
adalah AL- ATSRAM, ABU BAKAR AHMAD BIN MUHAMMAD BIN HANI' AL-  KHARASANIE AL- BAGHDADIE,wafat pada tahun 273H. Beliau merupakan periwayat masalah fiqh dan hadits yang tak terhitung jumlahnya.sebagai karyanya adalah AL-MUSNAD FIL FIQH.

DASAR MADZHAB HANABILA
Adapun sumber hukum dan metode istibath IMAM AHMAD BIN HANBAL dalam menetapkan hukum adalah:
A. NASH dari AL-QUR'AN dan sunnah yang shahih,apabila beliau telah mendapati suatu NASH dari AL-QUR'AN dan dari sunnah Rasul yang shahih, maka beliau dalam menempatkan hukum adalah dengan NASH itu.
B. FATWA para Sahabat Nabi, apabila beliau tidak mendapatkan suatu NASH  dari AL-QUR'AN maupun dari HADITS SHAHIH,maka beliau menggunakan fatwa-fatwa dari para sahab Nabi yang tidak ada perselisihan dikalangan mereka.
C. Apabila terdapat perbedaan diantara fatwa para sahabat,maka IMAM AHMAD BIN HANBAL memilih pendapat yang lebih dekat kepada AL-QUR'AN dan SUNNAH.
D. HADITS MURSAL dan HADITS DHA'IF apabila ia tidak menemukan dari tiga poin diatas ,maka beliau menetapkan hukum dengan HADITS MURSAL dan HADITS DHA'IF. dalam pandangan IMAM AHMAD BIN HANBAL hadits hanya dua kelompok yaitu; HADITS SHAHIH dan HADITS DHA'IF.
E. QIYAS apabila IMAM AHMAD BIN HANBAL tidak mendapatkan NASH dari HADITS MURSAL dan HADITS DHA'IF,maka ia menganalogikan / menggunaka QIYAS. QIYAS adalah dalil yang digunakan dalam keadaan dharurat ( terpaksa ). MADZHAB ini juga menerima istihsan,sad az-Zari'ah,'Urf,istishab,dan al-maslahah,al-mursalah sebagai dalil dalam menetapkan hukum islam. 

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.