Thursday 7 June 2018

KISAH SINGKAT RIWAYAT IMAM MALIK BIN ANAS

MADZHAB MALIKIYYAH
Imam Malik ibn Anas bin Malik bin 'Amr al-Asbahi atau Malik bin Anas,adalah pakar ilmu Fiqih dan Hadits,termasuk salah satu Imam Madzhab,yaitu Madzhab Maliki dengan kitabnya yang terkenal AL MUWATHA'. Imam Malik dilahirkan di Madina Al Munawwaroh,bertepatan dengan tahun meninggalnya sahabat yang mulia  Anas bin Malik.

Ibunya mengandung Beliau selama tiga tahun. Terdapat perbedaan riwayat tahun kelahirannya. AL-YAFII dalam kitabnya Thabaqot Fuqoha meriwayatkan bahwa Imam Malik dilahirkan pada 94 H. Sedangkan Imam Al-Dzahabi meriwayatkan Imam Malik dilahirkan 90H. Imam Yahya bin Bakir bahwa ia mendengar Imam Malik berkata :" Aku dilahirkan pada 93H". dan inilah riwayat yang paling benar [ menurut Al-SAM'ANI dan IBN- FARHUN ].


KISAH SINGKAT RIWAYAT MADZHAB IMAM MALIK BIN ANAS
Imam Malik tumbuh ditengah-tengah ilmu pengatahuan,hidup dilingkungan keluarga yang mencintai ilmu,dikota Darul HIJRAH,sumber mata air As sunah dan kota rujukan para alim ulama. Imam Malik diusia yang masih belia,Beliau telah menghafal AL-QUR'AN,menghafal SUNAH RASULULLAH,menghadiri majlis para ulama dan berguru kepada salah satu ulama besar pada masanya yaitu ABDURRAHMAN BIN HURMUZ.


kakek dan ayahnya aalah ulama hadits terpandang di MADINAH. maka semenjak kecil, Imam Malik bin Anas tidak meninggalkan kota MADINAH untuk mencari ilmu Beliau merasa madinah adalah kota dengan sumber ilmu yang berlimpah dengan kehadiran ulama-ulama besar.

MADZHAB MALIKIYYAH - DASAR MADZHAB MALIKIYYAH - GURU-GURU IMAM MALIK BIN ANAS - MURID-MURID IMAM MALIK BIN ANAS

DASAR MADZHAB MALIKIYYAH
Dasar-dasar dari MADZHAB IMAM MALIK ada 20, lima dari al-Qur'an dan lima dari hadits. kelima hal-tersebut adalah Nas al-Qur'an  dan Hadits [ hukum yang sudah jelas ],keumuman al-Qur'an dan Hadits,Mafhum Mukhalafah  al-Qur'an dan Hadits,Mafkhum Muwafaqoh al-Qur'an dan Hadits dan peringatan Ilat dalam al-Qur'an dan Hadits. Sisa dasar yang lain diambil dari IJMA',Qiyas,prilaku Ahli Madinah,ucapan sohabat,istihsan,hukum saddu darai'i [ menutup celah kemaksiatan ],menjaga perkhilafan,istishhab,maslahah mursalah dan terkadang memakai pola menjaga kondisi waktu tertentu. dari 20 dasar tersebut,yang paling dominan digunakan adalah hadits Nabi ,prilaku AHLI MADINAH,maslahah mursalah,ucapan sohabat dan ihtihsan.


GURU-GURU IMAM MALIK BIN ANAS
IMAM MALIK BIN ANAS bejumpa dengan sekelompok kalangan Tabi'in yang telah menimba ilmu dari para sohabat Rasulullah dan yang paling menonjol dari kalangan mereka adalah NAFI' mantan budak ABDULLOH BIN 'UMAR. IMAM MALIK BIN ANAS berkata: 'NAFI' telah menyebar ilmu yang banyak dari IBNU 'UMAR,lebih banyak dari apa yang telah disebarkan oleh anak-anak IBNUU 'UMAR.

Guru-guru IMAM MALIK BIN ANAS, selain NAFI',yang telah Beliau riwayatkan Haditsnya adalah;
A. Abu Az Zanad ABDULLOH BIN ZAKWAN,
B. Hisyam bin 'URWAH BIN AZ ZUBAIR,
C.Yahya bin Sa'id AL ANSHARI,
D. Abdulloh bin Dinar,Zaid bin Aslam,mantan budak UMAR,
E. Muhammad bin MUSLIM BIN SYIHAB AZ ZUHRI,
F. Abdulloh bin ABU BAKR BIN HAZM,
G. Sa'id bin Abi Sa'id AL MAQBURI,
H. Sami mantan budak ABU BAKAR.


MURID-MURID IMAM MALIK BIN ANAS
Murid-murid yang terkenal dari MADZHAB MALIKIYYAH ini berasal dari tiga daerah,mesir,afrika dan andalus. Dari kota mesir terdapat terdapat tujuh murid yang terkenal. Ringkasan hanya yang saya ketahui saja dari ingatan saya, Murid-murid beliau sebagai berikut:

1. IBNU AL QOSIM,
2. ABU MUHAMMAD,
3. ASYHAB BIN ABDUL AZIZ AL QOSIE,
4. AL HAKAM,
5. ASBAGH BIN FARAJ,
6. MUHAMMAD BIN ABDULLOH BIN ABDUL HAKAM,
7. IBNU MAWAZ.

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.