Saturday 2 June 2018

BIOGRAFI SEJARAH TOKOH EMPAT MADZHAB

pada istilah Madzhab adalah suatu pemikiran yang terbentuk melewati pemikiran dan penelitian, yang menjadikan metode tersebut sebagai pijakan atau pedoman. Sejarah madzhab berawal dari pemikiran atau pendapat seorang imam dalam mengetahui sesuatu, baik filsafat, hukum, teologi, politik, dan beda sebagainya. Pemikiran tersebut kemudian dibuntuti oleh kumpulan atau muridnya dan dikembangkan menjadi sebuah aliran, sekte, atau ajaran. Secara kata mazhab sendiri berasal dari kata zahab-yazhabu yang berarti berpendapat..

Pada dasarnya, madzhab-madzhab dalam Islam timbul antara lain sebab perbedaan dalam memahami kandungan yang ada dalam al-Quran dan sunah yang mempunyai sifat tidak absolut. Perbedaan pendapat tentang maksud ayat yang pengertiannya masih dapat ditafsirkan ialah salah satu dalil munculnya tentang madzhab-madzhab dan aliran dalam lingkupan Islam.

Pada hakikatnya madzhab ialah suatu aliran pemahaman tertentu terhadap al-Quran dan Sunnah. Sifatnya tidak mengikat. Sementara macam-macamnya mencakup tauhid, ibadah, hukum, politik, filsafat, tasawuf, pembaharuan, dan sebagainya.

Oleh sebab madzhab atau aliran itu hanya bertolak belakang dalam pengartian tentang ayat-ayat yang tidak jelas dengan kata lain dan bukan mengenai doktrin dasar Islam, maka perbedaan madzhab bisa diterima sebagai sesuatu yang benar dalam masalah kontekstual hukum. Meskipun terkadang perbedaan antara madzhab itu sendiri terlihat lumayan curam dan bahkan bertentangan dalam masalah pemahaman.

Biografi Imam Syafi'i-Biografi Imam Hanafiyyah-Biografi Imam Malik-Biografi Imam Hanbal
Add caption



1.Biografi Imam Syafi'i

Beliau bernama Muhammad bin Idris Abbas bin Utsman bin Syafi'i Al-Hasyimi Al-Quaisyi Al-Muthalibi.gelar beliau adalah Abu Abdillah dinisbatkan kepada Syafi'i bin As-Saib,sehingga beliau terkenal dengan sebutan As-Syafi'i.

Imam Syafi'i sejak kecil cepat menghafal,sehingga pada umurnya yang ketujuh tahun beliau sudah hafal Al-Qur'an.beliau belajar syair dan sastra arab pada Al-Ashma'i dari kabilah Hudail.belajar fiqh kepada mufti mekkah,Muslim bin Khalid Az-Zanji sehingga ia mengijinkannya memberikan fatwa ketika masih berusia 15 tahun.Kemudian Beliau pergi kemadinah untuk bertemu Imam Malik dan berguru kepadanya.

"Hamidah binti Nafi' bin Unsah bin Amru bin Utsman bin Affan adalah istri dari Imam Syafi'i,dan melahirkan anak yang bernama Aba Utsman,Fatimah dan Zainab".

2.Biografi Imam Hanafiyyah
yang dikenal dengan sebutan "Imam Hanafi asli Abu Hanifah Nu'man bin Tsabit Al kufi",lahir di Irak pada tahun 80 Hijriah ( 699 M ),pada masa ke khalifahan bani Umayyah Abdul Malik bin Marwan.beliau digelari Abu Hanifah ( "suci dan lurus" ) karena kesungguhannya dalam beribadah sejak masa kecilnya,berakhlak mulia serta menjauhi perbuatan dosa dan keji.dan Mazdhab Fiqihnya dinamakan Madzhab Hanafi.

seperti kebiasaan Ulama lainya,masa kecilnya dilalui dengan menghafal al-qur'an kemudian beberapa hadits-hadits penting.dalam belajar Fiqih,Imam Abu Hanifah mengambil fiqih ulama kufah dari berbagai aliran dan metode yang ada disana,sementara sebagaimana yang kita ketahui bahwa fiqih kufah secara umum bermuara pada metode beberapa orang tokoh seperti Ali bin Abi Thalib,Ibnu Mas'ud,Alqamah ( "murid Ibnu Mas'ud ") dan 'Ibrahim an-Nakha'i',metode mereka itu diistilahkan dengan fiqih "al-Qiyas wa at-Tkhrij".

3.Biografi Imam Malik
Malik ibn Anas bin Malik bin 'Amr al-Asbahi atau Malik bin Anas,adalah pakar ilmu fikih dan hadits,termasuk salah satu Imam Madzhab,yaitu Madzhab Maliki dengan kitabnya yang terkenal Al-Muwatha.

Ibunya adalah "Aliyah bin Syarik al-Azdiyah".keluarganya berasal dari yaman,lalu pada masa Umar bin Khatab ,sang kakek pindah kekota madinah dan menimba ilmu kepada para shobat Nabi sehingga meenjadi salah satu pembesar tabi'in.Kunyah: Abu Abdillah,Nasab: Al Ashbuhi; adalah nisbah yang ditujukan kepada dzi ashbuh ,dari Humair dan Al Madani;nisbah kepada Madinah,negri tempat beliau tinggal.

Dasar Madzhab Malikiyyah
Dasar-dasar dari Madhab Imam Malik ada 20,lima dari Al-Qur'an dan lima dari hadits.Kelima hal tersebut adalah Nas al-Qur'an dan lima dari hadits.Kelima hal tersebut adalah Nas al-Qur'an dan hadits ( Hukum yang sudah jelas ), Keumuman al-Qur'an dan Hadits ,Mafkhum Mukhalaf al-Qur'an  dan Hadits,Mafkhum Muwafaqah al-Qur'an dan Hadits dan peringatan Ilat dalam al-Qur'an dan Hadits.Sisa dasar yang diambilkan dari ijma',Qiyas,Prilaku ahlu Madinah,ucapan para shobat,istihsan,hukum saddu Darai'i ( "Menutup celah kemaksiatan" ),menjaga perkhilafan,istishhab,maslahah mursalah dan terkadang memakai pola menjaga kondisi waktu tertentu.Dari 20 dasar tersebut,yang paling dominan digunakan adalah Hadits Nabi,prilaku ahli madinah,maslahah mursalah,ucapan shobat dan ihtisan.

4.Biografi Imam Hanbal
"Abu Abdillah Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin 'Auf  bin Qasith bin Mazin bin Mazin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsa'labah adz-Dzuhli asy-Syaibaniy".Nasab beliau bertemu dengan nasab Nabi pada diri Nizar bin Ma'd bin'Adnan.yang berarti bertemu nasab dengan nabi Ibrahim.

"Imam Ahmad Bin Hanbal"; tumbuh dewasa sebagai seorang anak yatim.Ibunya ,"Shafiyah binti Maimunah binti 'Abdul Malik asy-Syaibaniy".berperan penuh dalam mendidik dan membesarkan beliau.Untungnya sang ayah,meninggalkan untuk mereka dua buah rumah dikota baghdad.

Imam Ahmad bin Hanbal mendapatkan pndidikannya yang pertam dikota baghdad.saat itu,kota baghdad telah menjadi pusat peradaban dunia Islam,yang penuh dengan manusia yang berbeda asalnya dan beragam kebudayaannya,"serta penuh dengan beragam jenis ilmu pengetahuan.Disana tinggal para Qari',Ahli Hadits,para sufi,ahli bahasa,filosof dan sebagainya".

Imam Ahmad bin Hanbal tertarik untuk menulis hadits  pada tahun 179 saat berumur 16 tahun.'Imam Ahmad bin Hanbal terus berada dikota baghdad mengambil hadits dari syaikh-syaikh hadits kota itu hingga ( tahun 186 )'.Imam Ahmad bin Hanbal melakukan mulazamah kepada syaikhnya,"Hasyim bin Basyir bin Abu Hazim al-Wasithiy"; hingga syaikhnya tersebut wafat tahun 183.Disebutkan oleh putra beliau bahwa Imam Ahmad bin Hanbal mengambil hadits dari Hasyim sekitar tiga ratus ribu hadits lebih.
baca juga dipengertian dan sejarah

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.