Sunday 3 June 2018

JENIS KHASIAT DAN MANFAAT AKAR TANAMAN OBAT

Akar dan Tanaman - Apakah istilah tersebut bisa dijadikan tanaman obat? Tanaman obat, tanaman obat atau pohon obat ialah semua jenis dan macam-macam tanaman yang diketahui mempunyai kandungan senyawa yang berfungsi dan berkhasiat guna mencegah, meringankan atau menyembuhkan sebuah penyakit.

Pemanfaatan tanaman sebagai obat herbal telah dilaksanakan sejak zaman prasejarah. Pada zaman dahulu insan sangat bergantung pada tanaman yang diketahui mempunyai efek sebagai obat guna mengatasi sekian banyak  jenis penyakit pada manusia. Di Indonesia sendiri nenek moyang kita sudah lama memanfaatkan tanaman tertentu sebagai obat. Ratusan jenis tumbuhan obat sesungguhnya tidak sedikit ada disekitar kita, bahkan barangkali kita telah sangat tak asing dengan tanaman-tanaman tersebut. Akan tetapi tidak sedikit diantara anda yang belum mengetahui guna dan khasiatnya guna pengobatan.

Kandungan dan Khasiat Tanaman ANDONG-Kandungan dan Khasiat ADAS-Kandungan dan Khasiat ANJERAN-Kandungan dan Khasiat AVOKAD-kandungan dan Khasiat ALANG-ALANG

1.ADAS (Foeniculum vulgare Mill)
Tanaman ini mempunyai bermacam-macam sebutan daerah, contohnya adas (Jawa, Bali), adas manis (Minangkabau), das pedas (Aceh), adhas (Madura), hades (Sunda), adase (Bugis), rempuse (Makasar), popaas (Manado), denggu-denggu (Gorontalo), wala wungu (Sumbawa), kumpasi (Sangir Talaud).mempunyai ciri khas rasa manis, pedas, berbau aromatik pada buah adas dan mempunyai sifat menghangatkan.Pada bagian tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat ialah pada buah,akar dan daunnya.

Kandungan dan Khasiat ADAS
kandungan zat yang tersimpan dalam adas, antara lain yaitu;'(minyak asiri) terdiri dari 0,3-6%, (anethol) 50-60%, fanchom, metilchavicol, dan anis keton'. Di samping itu adas pun istilahnya senyawa kimia, laksana kamfena, limonena, 1,8 sineol, arginin, p-sitosterol, dianethole, rutin, dan stigmasterol. Manfaat dan khasiat adas antara perbedaanmya ialah;" meningkatkan daya tahan tubuh, obat influenza, anti-kholinesterase, menanggulangi ejakulasi dini, memicu ereksi, anastesi, memicu keringat, penguat hepar, perangsang syaraf pusat, menangkal kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang
pengeluaran hormon estrogen dan meningkatkan vitalitas".

2.AJERAN (Bidens pilosa L., Bidens leuchantha Willd., Bidens sundaica BI.)
Tanaman anjeran mempunyai sebutan nama setiap wilayah yang jauh sangat berbeda antara lain; 'ambong-ambong (Melayu), ketul kebo, ketul sapi (Jawa), cinglancingan (Madura), hareuga ("Sunda"), rai-raisu (Maluku) dan lain-lain'. Tanaman ini mempunyai rasa pahit dan mempunyai sifat mendinginkan. Bagian tumbuhan anjeran yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ialah bagian akar, daun tumbuhan dan semua bagian tanaman. Tanaman anjeran sendiri dapat dipakai untuk penyembuhan luar maupun penyembuhan bagian dalam.

Kandungan dan Khasiat ANJERAN
antara lain terdapat kandungan yang tersimpan pada tanaman ajeran diantaranya 'phytosterin 8. manfaat dan khasiat anjeran diantarany sebagai anti-piretik "penurun panas", antiradang, menghentikan pendarahan, melancarkan peredaran darah, dan sebagai astringen. Anjeran dapat dipakai untuk mengobati radang kulit, luka gigitan ular, luka memar, wasir dan penyakit kulit laksana gatal-gatal.sangat ampuh mengobati bagian dalam, anjeran mampu mengatasi demam,flu,sakit tenggorokan,infeksi hepatitis,menceret,reumatik,sakit gigi,radang usus buntu.

3.ALANG-ALANG (Imperata cylindrica (L).
Terdapat sebuah kandungan dan Khasiat ALANG-ALANG
zat yang terdapat dalam alang-alang diantaranya; "manitol, glukosa, sukrosa, molic acid, citric acid, coixoi, orundoin, cylindrin, fernenol, simiarenol, anemonin, asam kersik, damar, logam alkali, saponin, tanin, dan polifenol". Khasiat dan Manfaat alang-alang sebagai obat penurun panas, peluruh kencing ('diuretik'), menghentikan pendarahan ('hemostatik'), menghilangkan rasa haus, obat sariawan, mengobati panas dalam, menanggulangi muntah darah, menghentikan darah mimisan, obat kencing nanah, radang ginjal.

Alang-alang ialah tumbuhan binal yang memiliki sekian banyak  macam  penamaan setiap daerah, contohnya;" neleleng laku [Aceh], rih [Batak], alalang [Minangkabau], lioh [Lampung], alang-alang [jawa], ki eurih [Sunda], lalang [Madura], ambengan [Bali], halalang [Kalimantan], kalepip [Papua] dan lain-lain" .tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai obat adalah akarnya atau rimpang. Akar alang-alang mempunyai rasa agak manis dan mempunyai sifat sejuk.

Tanaman ini istilahnya memiliki beraneka ragam macam sebuah sebutan per-daerah contohnya; apokad (Melayu), apuket (Sunda) apokat (Jawa) dan beda sebagainya. Tumbuhan apokad khususnya bagian daunnya mempunyai rasa kelat dan pahit. Bagian tumbuhan yang dipakai untuk pengobatan ialah daging buah, daun dan bijinya.

4.AVOKAD / ALPUKAT (Persea americana Mill.)
Kandungan dan Khasiat AVOKAD
Kulit ranting tumbuhan avokad mempunyai kandungan sejumlah zat kimia, antara beda minyak terbang/atsiri ("seperti methyl chavicol, alphapinene"), tanin dan flavanoid. Pada unsur daging buah avokad berisi lemak jenuh, protein, sesqueterpenes, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B2. Manfaat dan Khasiat avocad disini mempunyai perbedaan untuk menanggulangi darah tinggi, obat sakit kepala, gigi berlubang, obat kencing batu, kulit wajah kering, nyeri syaraf, nyeri lambung, sariawan, kencing manis.

Tumbuhan tersebut memiliki sejumlah nama daerah,hanjuang(Sunda), andong(Jawa), penjuang(Dayak),kayu urip(Madura),endong(Bali). Tanaman andong mempunyai rasa manis, hambar dan mempunyai sifat menyejukkan. Bagian tumbuhan yang dipakai untuk pengobatan ialah daun, bunga, akar dan semua bagian tanaman.

5.ANDONG (Cordyline fruticosa (Linn.)
Kandungan dan Khasiat Tanaman ANDONG
Tanaman andong diketahui memiliki kegunaan dan macam-macam khasiat antara lain; guna mengobati sekian banyak  jenis gangguan kesehatan. Kandungan kimia dari tanaman ini belum tidak sedikit diketahui. Namun tanaman ini telah tidak sedikit digunakan dan terbukti dapat mengatasi sekian banyak  penyakit, antara beda menghentikan pendarahan, menyejukkan darah dan menanggulangi bengkak sebab memar ("antiswelling").

Khasiat dan Manfaat lainnya tanaman ini mampu menangkal keguguran, wasir berdarah, nyeri lambung, nyeri ulu hati, menanggulangi terlambatnya haid.

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.