Saturday 14 April 2018

KHASIAT TUMBUHAN CIPLUKAN DAN MANFAAT BUAH CIPLUKAN BAGI KESEHATAN

cara membuat teh ciplukan - cara mengolah daun ciplukan menjadi obat - manfaat ciplukan untuk tiroid - manfaat tumbuhan cecendet dan cara mengolahnya - efek samping tumbuhan ciplukan - manfaat ciplukan untuk stroke - manfaat buah ciplukan bagi kesehatan - cara mengolah daun ciplukan untuk kanker


Ciplukan atau dengan nama botanikalnya ialah;

physallis peruviana.L, dan masuk dalam satu keluarga tumbuhan Solanaceae tergolong terong. Ciplukan tidak sedikit mempunyai nama bertolak belakang tiap daerah, yakni keceplokan, ciciplukan, kopok-kopokan (Bali), cecendet, cecenet (Sunda), nyornyoran (Madura), Leletokan (Minahasa), Kenampok (sasak), dan lapunonat (Tanimbar, Seram). Tumbuhan ini adalahtumbuhan semak semusim, dan termasuk sebagai tumbuhan liar. Ciplukan seringkali tumbuh begitu saja diwilayah tanah-tanah kosong yang bertanah lembab tetapi tidak becek. Kalau kamu mencari tumbuhan ciplukan, datanglah ke pinggir-pinggir lapangan, pinggir sungai, kebun, tanah kosong sampai sawah yang sedang ditanami kacang tanah atau kedelai.

Ketinggian tanah yang baik guna ciplukan tumbuh ialah sekitar 0-1.800 meter di atas permukaan laut. Tanaman ciplukan tumbuh tegak dengan tinggi tumbuhan antara selama 30 cm hingga 50 cm. Batangnya berwarna hijau persegi, dan bercabang. Daun berseling dan berlekuk, bertangkai 7-25 mm, dengan format bulat telur memanjang dan ujungnya lancip. Ukuran panjang 3,5-10 cm dan lebar 2,5 cm. Pada permukaan daun unsur atasa berwarna hijau, dan permukaan bawah berwarna hijau muda dan berambut halus.

Bunga buah terbit dari pangkal, buahnya berbentuk laksana lampion atau lentera, bila telah masak berwarna kuning, rasanya manis agak keasam-asaman. Ciplukan ini memang dapat kita temui dimana saja diseluruh nusantara, tetapi Asal tumbuhan ciplukan ini sebetulnya dari wilayah tropis di Amerika latin. bukanlah nama orang. Ini ialah sejenis tumbuhan yang berkhasiat obat. Di samping daun, buah, batang dan akarnya juga punya daya menyembuhkan. Memang buah ciplukan yang telah matang rasanya asam manis dan enak, tetapi tak melulu itu saja sebab daun, buah, batang dan akarnya berkhasiat obat atau mempunyai daya menyembuhkan. 

Tips Cara Manfaat: Khasiat guna tanaman ciplukan

Sayangnya masih tidak sedikit orang yang belum memahami akan khasiat obat dari tumbuhan ciplukan ini, atau memang tidak tertarik sebab kurang yakin mungkin dapat saja. Karena tumbuhan ini gampang tumbuh, dan terkadang hanya dirasakan gulma untuk tanaman petani. Kalau kamu tertarik, usahakanlah untuk memakai tanaman ciplukan untuk sekian banyak  pengobatan. Kandungan Kimiawi , Khasiat Dan Manfaat Tanaman Ciplukan Bagi Pengobatan Berbagai Penyakit Kandungan kimiawai pada Ciplukan laksana chlorogenik acid, asam sitrun dan fisalin.

Di samping itu, buahnya pun berisi asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula, pun elaidic acid. Secara klinis senyawa kimia pada ciplukan sudah diuji dilaboratorium, dan diandalkan  dapat menyembuhkan sekian banyak  penyakit. Senyawa kimia itu mempunyai sifat, antara beda sebagai analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun (detoksifikasi), dan meredakan batuk. Dalam farmakologi Cina, tanaman ini dipercayai mempunyai rasa pahit dan sifat menyejukkan. Semua unsur dari tumbuhan ciplukan bisa digunakan, yakni mulai dari akar, daun, dan buahnya. Ciplukan ini walaupun terasa pahit bila dipakai obat oral, tetapi tidak memiliki efek riskan atau tidak berisi zat racun. 

“Hanya saja memang sebab Ciplukan tersebut pahit rasanya, perhatikan takaran pemakaiannya. Agar tidak pahit terus,” jelas dr.Setiawan Dalimartha, pakar tumbuhan obat yang pun praktek melayani pasien dengan cara herbal. Berdasarkan keterangan dari Setiawan, ciplukan dapat juga dipakai sebagai obat luar, yaitu dapat digunakan guna menyembuhkan bisul, borok, dan peradangan kulit.

Bisa dari setelah merasakan proses direbus, didinginkan dan diborehkan langsung ke unsur yang memerlukan,lanjut Setiawan lagi. Hal senada pun diungkapkan oleh Ir. W.P.Winarto, empunya Kebun Tanaman Obat Karya Sari di area Pondok Cabe, Tangerang. Menurutnya, Ciplukan tidak beracun. Hanya memang sebab rasa pahitnya, rata-rata mereka yang meminum memandang sama dengan meminum obat modern, yang lazimnya pahit.

Tips Cara Manfaat: Khasiat guna tanaman ciplukan

“Memang, ialah hal yang wajar. Namanya obat tentu pahit. Tetapi, prinsipnya pengaruh dari rasa pahit tersebut tidak bakal mengganggu faedah kerja organ tubuh kita. Misalnya ginjal,” jelas Winarto dengan gamblang.(herbakita) Penggunaan Tanaman Ciplukan Bagi Resep Pengobatan Penyakit 1. Menyembuhkan Influenza Dan Sakit Tenggorokan. Ambil semua pohon ciplukan, tergolong akar dan dibersihkan, kemudian dipotong-potong dengan ukuran 3-4 cm dan dijemur, lalu dibalut kembali supaya tidak lembab lagi.

cara membuat teh ciplukan - cara mengolah daun ciplukan menjadi obat - manfaat ciplukan untuk tiroid - manfaat tumbuhan cecendet dan cara mengolahnya - efek samping tumbuhan ciplukan - manfaat ciplukan untuk stroke - manfaat buah ciplukan bagi kesehatan - cara mengolah daun ciplukan untuk kanker

Jika akan memakai sebagai obat, ambil kira-kira 9-15 gram dan direbus, lantas air rebusannya diminum. Lakukan sejumlah 3 kali sehari. Resep ini pun berlaku guna mengobati sejumlah penyakit, seperti: batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang drainase napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis). 2. Mengobati Kencing Manis (Diabetes). Cara meramunya sama dengan nomor satu. Hanya saja pada ketika merebus, dilaksanakan dengan 2 gelas air, dan sampai air tersisa menjadi 1 gelas.

Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya dapat direbus sekali lagi, untuk diminum pada senja harinya. 3. Mengobatai Sakit Paru-Paru. Sama dengan nomor satu. Saat merebus, pakai 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari. 4. Mengobati Penyakit Ayan. Buah Ciplukan 8 รข€“ 10 butir dimakan masing-masing hari.

Di samping Untuk Penyakit Dalam, Ciplukan Juga Bisa Digunakan Sebagai Obat Luar. Cara pemakaian: 1. Mengobati Bisul. Daun Ciplukan sejumlah 1/2 genggam dibersihkan bersih kemudian digiling halus. Turapkan pada bisul, kemudian dibalut. Diganti 2 kali sehari 2.Mengobati Borok. Daun Ciplukan sejumlah 1/2 genggam dibersihkan lalu digiling halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya, kemudian diturapkan ke borok. Ganti 2 kali sehari. 

Tips Cara Manfaat:

Khasiat guna tanaman ciplukanTumbuhan ciplukan memiliki kandungan kimia berupa Chlorogenik Acid, asam citrun, fisalin, flavonoid, saponin, polifenol. Buah ciplukan berisi asam malat, alkaloid, tannin, kriptoxantin, vitamin C dan gula. Biji ciplukan berisi asam Elaidic.

Ramuan herbal yang dipakai untuk sejumlah penyakit, guna Ciplukan dan teknik mengolahnya:
Pengobatan Hipertensi. Sediakan 5 gram daun kering ceplukan dan masukan kedalam air sejumlah 110 ml. Kemudian gabungan ini direbus sekitar 10 sampai 15 menit dan diaduk merata. Setelah selesai, saring ramuan herba, dan takaran sekali minum selama 80-100 ml. Buat air rebusan 2 kali sehari guna diminum masing-masing pagi dan sore, ramuan ini jangan lebih dari 24 jam.

Pengobatan Kencing Manis. Sediakan 10 gram herba kering ciplukan dan air 400 ml. Pembuatan ramuan dan takaran minum sama dengan penyembuhan hipertensi.
Pengobatan Bisul dan Borok. Sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulasari, 1 eksemplar daun sirih diperbanyak sedikit garam. Campurkan seluruh bahan sampai menyatu menjadi lembut, lantas oleskan disekitar bisul.

Bagi borok, pakai 1 genggam daun ciplukan diperbanyak 2 sendok kapur sirih. Haluskan kedua bahan dan tempelkan ke unsur yang sakit.
Pengobatan Diabetes Mellitus. Ambil atau cabut tumbuhan yang telah berbuah beserta akar kemudian dibersihkan. Tanaman ini direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih sampai air menjadi 1 gelas. 

Ramuan ini lantas disaring dan diminum sekali sehari.
Pengobatan sakit yang sehubungan dengan paru-paru, laksana sesak nafas. Ambil atau cabut tumbuhan beserta akar dan buah, lantas rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Saring ramuan ini dan minum 1 gelas, 3 kali sehari.

cara membuat teh ciplukan - cara mengolah daun ciplukan menjadi obat - manfaat ciplukan untuk tiroid - manfaat tumbuhan cecendet dan cara mengolahnya - efek samping tumbuhan ciplukan - manfaat ciplukan untuk stroke - manfaat buah ciplukan bagi kesehatan - cara mengolah daun ciplukan untuk kanker

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.