Friday 15 June 2018

BIOGRAFI SINGKAT PENGERTIAN MADZHAB ZAIDIYAH

PENDIRI MADZHAB ZAIDIYAH

Pendiri madzhab ini adalah Zaid bin Ali bin Zain Al a'bidin bin Husain bin 'Ali bin Abi Tholib lahir 80H dan dalam riwayat yang lain 75H dikalangan syiah beliau dikenal sebagai sosok yang kuat kepribadiannya,adil,banyak ilmunya dan luas wawasannya. Beliau banyak belajar dari ayah beliau sendiri Ali bin Zainal Abidin sehingga beliau tumbuh dewasa dalam kesholihan,maka dari itu tidak mengherankan jika banyak orang [ Syi'ah ] belajar kepadanya,mengumpulkan hukum-hukum fiqh dalam madzhabnya serta mengambil banyak riwayat hadits darinya dan dari ayahnya.

akan tetapi, mereka [ orang-orang syi'ah ] tidak pernah mentsiqohkan selain dari pada Zaid bin Ali kecuali beberapa saja yang mereka anggap sebagai imam mereka. bahkan mereka tidak sekalipun mengambil hadits selain riwayat dari Ali bin abi tholib walaupun itu Abu bakar,Umar dan sohabat lainnya disebabkan mereka hanya membatasi label tsiqoh kepada Zaid dan ayahnya beserta kakek-kakeknya sampai kepada kakeknya Ali ataupun dari kalangan ahlu bait rodliyallohu anhum.

pada masa-masa sekarang para pengikut madzhab ini banyak tersebar diiraq,asia timur,jazirah arab dan yang paling banyak adalah diyaman. dan telah masyhur bahwa zaidiya hampir sama dengan mu'tazilah dalam masalah ushulud din dan dengan hanafiyah dalam masalah fiqh.

Diprediksikan bahwa madzhab zaidiyah yang salah satu sempalan kelompok dari sekte syi'ahini,adalah yang paling dekat dengan madzhab-madzhab islamiyah yang ada,karena ikhtilaf yang ada diantara madzhab zaidiyah dengan ahlus sunah terutama dalam permasalahan fiqh tidaklah terdapat kecuali hanya sedikit saja dan diantara perbedaannya adalah:

1. Bahwa mereka tidak memperbolehkan  al mashu'alal huffain
2. Mereka mengharam menikah dengan wanita-wanita ahlul kitab
3. Mereka juga mengharamkan sembelihan selain muslim.

PENDIRI MADZHAB ZAIDIYAH - WAFATNYA PENDIRI MADZHAB ZAIDIYAH - ULAMA MADZHAB ZAIDIYAH

WAFATNYA PENDIRI MADZHAB ZAIDIYAH

Zaid bin Ali wafat dalam keadaan terbunuh karena beliau adalah salah satu orang yang berkehendak supaya kembalinya kekhlifahan dari tangan bani Umayyah,maka diapun keluar dari baawah kepemimpinan HISYAM BIN ABDUL MALIK,dan menyeru kepada orang-orang untuk mendukung dirinya. setelah terkumpulnya dukungan beberapa orang yang bergabung dengannya,iapun behadapan dengan YUSUF BIN UMAR ATS TSAQOFI gubernur iraq pada masa kekhilafahan hisyam.


Pada saat itu dua kubu bertemu dan terjadilah pertempuran yang dasyhat,sehingga berpisahlah sebagian besar pengikut dari Zaid [ syi'ah zaidiyah ],dan hanya tersisa sebagian kecil lainya yang kemudian masih tetap bertahan bersamanya sehingga beliaupun terbunuh dalam pertempuran tersebut yang tepatnya terjadi pada tahun 122H bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa jasadnya sampai disalib kemudian dibakar oleh pasukan Yusuf ats tsaqofi lalu kepalanya dikirim ke hisyam bin abdul malik.

ULAMA MADZHAB ZAIDIYAH

Berikut beberapa imam pembesar madzhab zaidiyah yang banyak dikenal:
1. Yahya bin husain az Zaid bin qosim [ W. 298 H ].
2. Hasan bin Zaid bin Muhammad bin Ismail [ W. 250 H ].
3. Qosim bin IbrahimAl Alawi [ W. 455 H ].
4. Muhammad bin Ismail As Shon'ani [ W. 852 H ] pengarang kitab subulus salam syarh kitab Bulughul Maram kaya Imam Ibnu Hajar Al Asqolani.
5. Muhammad bin Ali bin Muhammad Asy Syaukani [ W. 1250 H ].

BACA JUGA INFO !!!! lintas madzhab lainnya 

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.