Wednesday 11 April 2018

MANFAAT CARA HIDUP SEHAT DENGAN BERPUASA SERTA KESEHATAN BAIK BAGI ORGAN TUBUH

manfaat puasa bagi kesehatan organ tubuh - manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani - manfaat puasa bagi kesehatan menurut islam - manfaat puasa menurut islam - manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan - manfaat puasa terhadap kesehatan dari berbagai media - manfaat puasa untuk kecantikan

MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Menjalankan puasa di bulan Ramadhan adalahsalah satu ibadah yang tidak saja memberikan manfaat untuk jiwa dan hati anda namun pun mampu menyerahkan segudang guna kesehatan untuk tubuh. Hal ini diperlihatkan dalam sekian banyak  penelitian medis canggih yang mengindikasikan bahwa puasa tidak menyerahkan efek yang merugikan pada jantung, paru, hati, ginjal, dan organ lainnya dalam tubuh manusia.

Meskipun puasa pun didefinisikan sebagai pantangan mengonsumsi nutrisi baik secara total atau beberapa dalam jangka panjang dan pendek atau dengan kata beda starvasi (kelaparan) oleh sejumlah pakar nutrisi, tetapi hasil riset yang didapatkan dari Medline dan jurnal lokal di negara-negara Islam pada 1960 - 2009 (Kompas.com - 25/7/2012) mengindikasikan hasil yang tidak disangka. Hasil riset tersebut mengindikasikan bahwa ada manfaat spektakuler dan tidak disangka sebelumnya oleh semua ilmuwan mengenai adanya guna puasa untuk kesehatan manusia. Apa saja guna puasa untuk kesehatan tubuh kita?

Baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Beberapa penelitian melafalkan bahwa puasa Ramadhan tidak memprovokasi secara menyeluruh metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Dan tahukah Anda, bahwa pada ketika berpuasa ternyata terjadi penambahan HDL dan penurunan LDL. Penurunan LDL sendiri ternyata paling bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurunkan glukosa dan berat badan

Secara ilmiah berpuasa juga dominan  pada penurunan berat badan. Hal ini diakibatkan salah satunya sebab saat berpuasa, usus-usus dalam tubuh bakal lebih bersih dari sisa-sisa makanan yang mengendap. Makanan yang mengendap berikut yang andai berlebihan akan memunculkan lemak diperut. Selain dapat menurunkan berat badan, puasa juga dominan terhadap desakan darah dan kadar gula dalam tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Meskipun tidak sedikit anggapan bahwa puasa dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan gampang menjadi sakit, ternyata puasa malah dapat menambah kekebalan tubuh kita. Penelitian mengindikasikan saat puasa terjadi penambahan limfosit sampai sepuluh kali lipat. Kondisi ini dominan besar terhadap sistem imunitas tubuh.

Meningkatkan kemampuan beranggapan yang lebih tajam

Puasa ternyata menciptakan pikiran menjadi lebih tenang namun di sisi lain pun melambat. Uniknya, dari sekian banyak  hasil penelitian, benak yang melambat ini malah membuat anda mampu beranggapan lebih tajam. Hal ini juga diperlihatkan dalam suatu studi kumpulan mahasiswa di University of Chicago yang diminta berpuasa sekitar tujuh hari. Hasilnya? Terbukti bahwa mereka dapat menyelesaikan sekian banyak  tugas kampus dengan nilai yang memuaskan.

Menyehatkan ginjal

Fungsi ginjal yakni sebagai penyaring zat riskan apapun dari asupan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Namun, puasa malah dapat menyehatkan ginjal, kenapa bisa? Ternyata faedah ginjal bakal semakin optimal bila kekuatan osmosis urin menjangkau 1000 hingga 12.000 ml osmosis/kg air, yang dengan kata lain penghentian konsumsi air sekitar puasa paling efektif dalam menambah kinerja ginjal tersebut.

0 comments:

Post a Comment

blog ini bersifat dofollow,bebas nitip link dan berkomentarlah yang sopan.